Berantas Stunting, Mahasiswa KKN PPM K-231 Unimal Sukseskan RGG di Desa Penosan Jaya Bener Meriah

Header Menu

Iklan Utama


Berantas Stunting, Mahasiswa KKN PPM K-231 Unimal Sukseskan RGG di Desa Penosan Jaya Bener Meriah

Senin, 29 November 2021



Aktual86.com | REDELONG - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Manusia (KKN-PPM) Kelompok 231 Universitas Malikussaleh sukseskan kegiatan Rumah Gizi Gampong (RGG) Di Desa Penosan Jaya, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah, Rabu (17/11/2021).

Kegiatan  ini diikuti oleh mahasiswa KKN-PPM 231 yang berada di bawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Sirry Alvina,S.pd.,M.pd. yang beranggotakan Jumadin, Putri, Siti Khadijah, Hasti Yuna ( Ekonomi Pembangunan), Abadi, Ainal Marziah ( Ilmu Politik ) Sartika Yanti, Kasman ( Teknik Elektro ) Ricca Ayuni ( System Informasi ).

RGG merupakan salah satu kegiatan rutin setiap bulan yang dilakukan oleh ibu-ibu di desa penosan jaya di bawah naungan posyandu, Kegiatan RGG dibuat dengan tujuan untuk memberantas stunting.

Stunting merupakan keadaan dimana anak-anak tumbuh dengan keadaan yang tidak normal atau memprihatinkan yang disebabkan oleh kurang nya gizi yang didapat oleh tubuh anak-anak dimasa balita.
stunting merupakan salah satu masalah ekonomi kemiskinan, dimana jika kesehatan masyarakat buruk, maka kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup terhambat dan tentunya juga akan menghambat pembangunan ekonomi daerah itu sendiri.

Dari data yang didapat jumlah balita stunting berkisar  26 orang didesa penosan jaya, jumlah ini tergolong tinggi mengingat stunting merupakan keadaan yang sangat berbahaya, salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini adalah kegiatan RGG. 

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan makanan yang bergizi kepada para balita setiap 1-2 kali setiap bulannya. salah satu contoh makanan yang sering diberikan yaitu buah, sayur, daging serta ikan. 

Salah satu kader mengucapkan terimahkasih kepada mahasiswa KKN-PPM yang sudah membantu menyukseskan kegiatan RGG.
 
"saya selaku kader mengucapkan terimahkasih banyak atas bantuan mahasiswa KKN-PPM 231 yang telah meluangkan waktunya untuk membantu kegiatan RGG ini, semoga masalah stunting didesa penosan jaya bisa teratasi dan seluruh masyarakat khususnya balita yang dinyatakan stunting bisa sembuh", ungkap Riana.

Kegiatan ini sukses di gelar dengan bantuan dn kerjasama mahasiswa KKN PPM Universitas Malikussaleh. (didi)