Rektor Umuslim Peusangan Bireuen, Fokus Wujudkan, Program Kampus Merdeka

Header Menu

Iklan Utama


Rektor Umuslim Peusangan Bireuen, Fokus Wujudkan, Program Kampus Merdeka

Hendra S
Rabu, 06 April 2022



Bireuen Aktual86
Rektor Universitas Almuslim Peusangan Bireuen (Umuslim) Dr Marwan MPd,fokus terhadap  Program.Kampus Merdeka ,oleh karsna itu " beliau  melaksanakan kunjungan kerja ke kampus Universitas Ahmad Yani (UNJANI) dan Kampus Universitas Sangga Buana Bandung beberapa waktu lalu sebelum memasuki Bulan Suci Ramadhan 1443 H.

Dalam Kunjungan tersebut, Dr Marwan M.Pd menyempatkan  untuk berkunjung dan bersilaturahmi kepada Ketua Umum Keluarga Masyarakat Aceh Bandung (KAMABA) di Kantor Karya Duta Education di jalan Pahlawan 28 Bandung.

Dari Informasi yang dihimpun, Rektor Usmuslim," Dr Marwan yang didampingi Dekan FISIP, Rahmad S.Sos MAP serta Rektor UNJANI Prof Hikmahanto Juwiana dan  Rektor Sangga Buana, Dr Asep Efendi, kedatangan mereka langsung  di terima oleh Ketua Umum KAMABA, Zoelkifli M. Adam, SPd MM dan staf beliau, sekitar satu jam mereka  berbincang - bincang  dijamu dengan makanan khas Aceh seperti, Mie Aceh dan Teh Tarik.

Selanjutnya ,Zoelkifli M Adam membenarkan  kalau Pak Rektor Umuslim,  Peusangan Bireuen, Dr Marwan M.Pd beserta rombongan bersilaturrahmi ke kantor KAMABA sekaligus mengucapkan selamat atas terpilih dan tersusun pengurus baru Kamaba 2022-2025," tutur Zoelkifli.


Menurut  Zoelkifli yang juga  pernah menjadi pengurus inti HIPMI Jabar ini,menjelaskan nantinya ada program berkaitan dengan dunia pendidikan yang disinergikan dengan Umuslim  Peusangan Bireuen,melalui Kemdikbud Ristek RI, khususnya pengembangan SDM Dosen dan karyawan.

Ditanya mengenai perkembangan  Umuslim, pria kelahiran Jeunieb Bireuen ini menyatakan sangat  bangga atas prestasi yang banyak diraih selama ini.

"Dia sebelumnya pernah mendengar kampus milik masyarakat Peusangan Raya ini memang luar biasa, memberikan sumbangan besar bagi pengembangan SDM para melenial. Meraih PTS terbaik Aceh sampai tiga kali,dan itu bukanlah yang mudah dan biasa. "tentu ada unggulan dan hal-hal yang unik disana," tambah pria yang karib disapa pak Zoelkifli ini.

Harapan KAMABA kepada Umuslim Peusangan Bireuen ,adalah Umuslim harus selalu mampu terus mempertahankan apa yang sudah diraih, dan jaga amanah masyarakat Aceh khususnya Peusangan untuk bersinergi dengan pemerintah setempat dalam konsitensi memajukan pendidikan tinggi di Daerah. Dan tidak menutup kemungkinan ke tingkat nasional sekalipun," sebut penggerak dan praktisi pendidikan vokasi ini.

Lebih lanjut Zulkifli menyatakan pada programnya di tahun mendatang, KAMABA akan membangun sinergitas bagi mahasiswa asal Aceh yang sedang menempuh pendidikan di Bandung, termasuk para karyawan dan Dosen yang melanjutkan studi Banding.

Besar harapannya, KAMABA dapat menjadi wadah berlindungnya mahasiswa Aceh di perantauan.
Dari hasil pembicaraan kami tadi dengan Rektor Umuslim Dr Marwan M.Pd, akan mencoba melahirkan kerja sama dalam rangka meningkatkan kompetensi skill dan profesional baik berkaitan dengan dosen, karyawan dan juga mahasiswa,"jelasnya ".

Rektor Umuslim Peusangan Bireuen, Dr.Marwan M.Pd menyatakan dirinya sangat bangga dan bersyukur kepada
Allah SWT dengan inisiatif tokoh Aceh di Bandung mendirikan Organisasi KAMABA,
Saya mendengar dan merasakan, cukup banyak bantuan Kamaba dalam membina, membimbing dan membantu mahasiswa Aceh yang studi disini. Juga masyarakat Aceh yang berkunjung ke Bandung.

"Saya terharu dan bangga  dengan inisiatif tokoh Aceh di Bandung mendirikan Organisasi KAMABA." Sebab  Saya  mendengar dan merasakan, cukup banyak bantuan Kamaba dalam membina, membimbing dan membantu mahasiswa Aceh yang studi disini. Juga masyarakat Aceh yang berkunjung ke Bandung," sebut Marwan.

Selaku Rektor Umuslim Saya berharap, KAMABA terus eksis dan dapat memperlebar struktur organisasinya lebih gemilang lagi agar mampu untuk meng hadirkan  masyarakat Aceh pada setiap kegiatan baik itu aktivitas pendidikan, sosial, penguatan ekonomi, UMKM, dan inovasi dalam berusaha di zaman 4.0 serta segala kebutuhan kedepan ini.

Mudah - mudahan saja ' Organisasi sosial Keluarga Masyarakat Aceh Bandung dan sekitarnya  yang sudah cukup lama hadir di kota Bandung dan banyak diantaranya yang  sudah pernah menjadi pengurus KAMABA dan anggota serta binaannya saat ini sudah bekerja malah ada pula yang menjadi pimpinan di beberapa Perguruan Tinggi di Aceh, termasuk di Umuslim.

Saat ini, anggota KAMABA lebih dari 2500 keluarga serta para mahasiswa asal Aceh bergabung dalam organisasi ini di Bandung. 

Sedangkan Organisasi ini mengelola 7 Wisma dan asrama mahasiswa, diantaranya Wisma T. Iskandar Muda (yang dikenal dengan wisma Blimbing), Wisma T. Chik Di Tiro, Asrama T. Umar (asrama Cicendo), Wisma T. Nyak Makam di daerah Jatinangor dan CSBI Pahlawan,peristiwa ini cukup langka dan ini suatu kebanggaan yang cukup luar biasa." tutup Marwan".(*)