Ratusan Jama'ah Muslim Hadiri Nuzulul Qur'an Di Mesjid Agung Sultan Jeumpa

Header Menu

Iklan Utama


Ratusan Jama'ah Muslim Hadiri Nuzulul Qur'an Di Mesjid Agung Sultan Jeumpa

Hendra S
Minggu, 17 April 2022



Bireuen  Aktual86
Ratusan Jama'ah Muslim hadiri Nuzulul Qur'an Tahun 1443 H/ 2022 M yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen , Melalui Dinas Syariat Islam bertempat di Mesjid Agung Sultan Jempa Minggu malam (17/4)2022.
Nuzulul Qur'an bertemakan "Melalui Peringatan Nuzulul Qur'an Kita Implementasikan Nilai-nilai Kandungan Al-Quran dalam Kehidupan Pribadi dan Masyarakat Muslim".

Sebagai penceramah pada kegiatan itu,Tgk Muhammad Yusuf M.A Pimpinan Dayah Babul Huda Baitulssalam Aceh Besar,Asal T.Cut  Aceh Tamiang, beliau Dosen UN.Ar Raniry .Fakultas Dakwah Dan Komunikasi.

Pantauan Aktual86.Com  Minggu (17/4)2022,Peringatan Nuzulul Qur'an dihadiri Bupati Bireuen,DR.H.Muzakkar A.Gani SH.MSi, Sekretaris Daerah, Ibrahim Ahmad , Asisten I, Mulyadi , Kakanmenag Kadis Syariat Islam Anwar, Direktur RSU.dr.Fauziah,Amir Andani,Kadis Kesehatan, dr.Irwan ,Kadis Perikanan dan Kelautan Muktar Abda , Kadis Kominfo , M.Zubir , Kadis Perputakaan dan Arsip , Irfan, Perwakilan dari Polres Bireuen, Para Kabid Camat,Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Lingkungan Pemkab Bireuen, Imum Syiek, Bilal dan Muazzin Masjid dalam Kabupaten Bireuen,
Ratusan Jam'ah, Insan Pers serta tamu undangan lainya.

Dalam sambutan ya Bupati Bireuen, Dr.H.Muzakkar A.Gani,SH.,M.Si, menjelaskan bahwa, Al-Quran adalah kitab suci yang mengumpulkan segala khazanah dunia dan akhirat. Bacaannya mengandung tajwid, tahfiz, tafsir, ekonomi, falsafah, jihad, pengobatan, psikologi, ketentaraan dan sebagainya.

Semakin banyak kajian yang dilakukan terhadap Al-Quran, maka para pengkaji akan semakin mengetahui kelebihan Al-Qur’an dan maha dalamnya lautan ilmu Allah SWT yang tidak bertepi dan tanpa akhir,setiap ayat Al-Quran adalah cerminan kuasa dan ilmu Allah SWT yang tiada taranya.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika Allah SWT tidak menurunkan Al-Quran kepada Rasulullah SAW.

“Kita pasti tidak akan mengenali siapa beliau. Kita juga mungkin tidak akan mengenali Islam dan siapa tuhan kita. Kita mungkin masih bergelimang dengan berbagai anutan agama yang tidak tentu kebenarannya dan bahkan mungkin kita tak mengenal siapa diri kita sendiri.

Perbedaan adalah rahmat yang harus disyukuri untuk menambah wawasan dan cakrawala berpikir, jangan sampai menimbulkan perpecahan.

Pimpinan yang keliru wajib untuk diingatkan namun dengan cara yang bijak. Al-Quran juga memberikan landasan mengenai keadilan.

“Sebagaimana tertera dalam surat An-nahl ayat 90, Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan.

"Kemudian saling bermusyawarahlah dalam menghadapi berbagai macam persoalan.

“Mari rapatkan  barisan, memperteguh keimanan, seirama, seiring sejalan, seayun langkah dan satu hati dalam menjalin ukhuwah islamiyah dan punya komitmen yang kuat untuk membangun kebersamaan dan meminimalisir perbedaan guna mewujudkan Kabupaten Bireuen sebagai kota santri yang gemilang” pesan Bupati Bireuen ".

Tanpa adanya kebersamaan, bersinergi dan komitmen yang kuat, maka mustahil menggapai keberhasilan apalagi kemakmuran yang menjadi idaman semua, yakni mewujudkan negeri yang Baldatun Tayyibatun Warabbul Ghafur (negeri yang makmur dan penuh dengan kesejahteraan di bawah ridha Allah Swt).

“Semoga peringatan Nuzul Quran ini dapat membawa keberkahan dan menjadi inspirasi bagi kita untuk terus membaca  Al-Quran serta kita selalu berdoa kepada Allah SWT semoga Islam tetap jaya,” harapnya.

Dan bagi siapa saja yang menistakan Al-Qur’an dan agama Islam agar diberi hidayah segera sadar atas kesalahan yang diperbuat olehnya.

Sementara itu, Tgk Muhammad Yusuf M.A Pimpinan Dayah Babul Huda Baitulssalam Aceh Besar,berpesan agar kita tidak lupa untuk selalu membaca AlQur'an , dikarenakan "Al-Quran dan Hadits adalah sumber utama untuk umat islam di seluruh dunia untuk menjalani kehidupan ,Al-Quran merupakan istilah dari bahasa arab yang memiliki arti bacaan. Al-Quran diturunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril. Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur di kota besar Mekah dan Madinah sejak tahun 610 M sampai kematian Nabi Muhammad tiba yaitu pada tahun 632 M.
Alquran adalah hukum dan perintah, pedoman untuk berperilaku dan moral, serta berisi filosofi agama.

Alquran berisi petunjuk lengkap bagi umat manusia. Sebagian besar Alquran adalah tentang Tuhan, sifat-sifat-Nya dan hubungan manusia dengan-Nya. Selain itu, Alquran juga berisi petunjuk bagi pengikutnya, catatan sejarah dari nabi dan orang terdahulu, serta pembawa kabar baik bagi orang-orang beriman dan peringatan bagi orang-orang kafir.

Bagi seorang muslim, sudah seharusnya mereka selalu dekat dengan Alquran. Alquran juga bukan sekadar kitab yang wajib dibaca, tapi juga dipahami dan diamalkan sesuai dengan petunjuk di dalamnya,Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril dan disampaikan kepada umat manusia untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan di dunia ini.

"Maka dari itu, Tgk Muhammad Yusuf MA mengharapkan kita semua untuk selalu dekat dengan Alqur'an,jangan lalai dengan apa yang kita dapatkan didunia yang sifatnya sementara , Alqur'an  bisa membuat kita  tidak menjadi  orang yang Sombong ,memiliki sifat Iri dan Dengki srta Dendam, berbuat baiklah kita didunia menjalani semua perintah Allah SWT.(*)