Jelang Natal dan Tahun Baru, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provsu Gelar Rapat Koordinasi

Header Menu

Iklan Utama


Jelang Natal dan Tahun Baru, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provsu Gelar Rapat Koordinasi

Selasa, 21 Desember 2021

Medan - Rapat koordinasi berlangsung pada Senin (20/12/2021) bertempat di Hotel Grand Mercure kota Medan. Rapat ini diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara dan dihadiri oleh  Assisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provsu, Bapak Drs. H. Mhd Fitriyus, SH., MSP (Mewakili Gubernur Sumatera Utara). 

Kepala Badan Kesbangpol Provsu, Safruddin, SH.,MH yg diwakili oleh Budianto Tambunan, M.Si sebagai Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Sosial Kesbangpol Provsu sekaligus membacakan laporan kegiatan antisipasi situasi/kondisi  jelang pelaksanaan hari raya Natal 25 Desember 2021  dan Tahun Baru 1 Januari 2022 serta  menyambut tahun Politik tahun  2024 di wilayah Sumut didepan Forkopimda dan Peserta Rapat, dan juga Putra Landri Sitepu, SSTP., M.Si sebagai keynote speaker dalam rapat ini.

Bahwa dalam rapat ini bertujuan untuk mengantisipasi kondisi menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 yang terkait beberapa hal diantaranya Covid 19, Politik, Ekonomi, ketersediaan BBM, Transportasi , Keamanan, serta ketersediaan sandang dan pangan bagi masyarakat sumatera utara. Begitu juga saat ini banyak terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor yg ada dibeberapa wilayah kabupaten/kota di Sumatera Utara. Hal ini menjadi perhatian kita semua bukan hanya pemerintah tetapi juga keterlibatan stake holder terkait. Untuk itu mari kita bersama dalam mengantisipasi persoalan yg akan terjadi khususnya lonjakan penyebaran covid 19. "Ujar Fitriyus".


Kolonel Inf Trijoko Adiwiyono, SH (Asintel Kodam I/BB) menyampaikan paparan perkembangan  situasi secara Global, Regional,Nasional dan Daerah. potensi ancaman dan hambatan, saran  dalam menghadapi Nataru (Natal dan tahun baru 2022) diantaranya Bencana Alam Banjir dan Tanah Longsor  diharapkan agar BMKG pro aktif dalam menyampaikan info cuaca kepada masyarakat agar dapat diantisipasi guna melakukan pencegahan kerugian dan agar disiapkan penempatan personil TNI, Polri, Pemda di titik-titi rawan bencana. selain itu kami juga memantau kegiatan penyakit masyarakat, teror, tawuran dan penyalahgunaan narkoba. begitu juga kelangkaan BBM dan kenaikan harga sembako diperlukan kerjasama dinas dan bulog dalam melakukan pengawasan. saat ini sudah ada terdeteksi virus Varian Omicron di indonesia dalam mencegah penyebaran TNI akan melakukan patroli Prokes di tempat kerumunan serta menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negri dan memperketat pengawasan di bandara dan pelabuhan.


Selanjutnya Kombes Pol. Desman Sujaya Tarigan, SH (Karo Ops Poldasu) dalam pemaparannya saat ini situasi Covid 19 mengalami penurunan dikarenakan pencapaian vaksinasi sudah mencapai 71,84%, tetapi kita juga jangan eforia dengan penurunan yg terjadi jika tidak mematuhi protokol kesehatan. Ini adalah bentuk kerja keras TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah khususnya bagi para nakes. dalam menjelang akhir tahun ini Polri juga melakukan antisipasi kegiatan keagamaan  dari ancaman terorisme yang baru saja mengamankan 9 orang terduga teroris di beberapa kab/kota di Sumatera Utara. Begitu juga antisipasi kerumunan massa kegiatan Natal, tahun baru, lokasi wisata serta ketersediaan sembako, BBM, konflik sosial masyarakat, kamtibmas dan perubahan iklim cuaca "Pungkas Desman".


Berikutnya Kolonel. Arm. Jonny Marpaung, S.IP (BINDA Sumatera Utara) juga menjelaskan varian omnicron yang saat ini sudah masuk ke Indonesia, perlunya dilakukan percepatan vaksinasi mencegah penyebaran virus covid-19. begitu juga potensi ancaman Natal dan Tahun Baru 2022, stressing yang kita hadapi yaitu terorisme. antisipasi kelangkaan stok sembako dimana harga minyak goreng mengalami kenaikan. untuk itu diharapkan ada operasi pasar agar tidak ada kenaikan harga dipasar oleh pedagang. selanjutnya aksi buruh terkait penolakan UMK yang terjadi di Sumut dan penolakan UU Cipta kerja. juga baru ini terjadi demontrasi kepala desa tentang  Pengelolaan Dana Desa, untuk itu diperlukan pendalaman agar penggunaanya sesuai peruntukanya agar kedepannya tidak bermasalah dengan hukum.

selain pemaparan dari narasumber yg mewakili Forkopimda Sumut para undangan seperti Satpol PP Provsu, Dinas Perhubungan, Bulog, Angkasa Pura II, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan Provsu, PT Pertamina, PT PLN, BPOM, BPBD Provsu dan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut juga memaparkan kesiapan masing-masing dalam mengantisipasi potensi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (AHTG) menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 juga memasuki Tahun Politik 2024.

Rapat ini juga dihadiri Kol (L) Muhammad Erfan Riyanto, SE (Asintel Danlantamal I Belawan), AKBP Ahyan, S.Sos (Kasat Intelkam Polrestabes Medan), Mayor Kav Prima Wahyudi, SH (Pasi Intel Kodim 0201/BS), Kejatisu, Kementerian/Lembaga Wilayah Sumut, Kesbangpol Kab/Kota, OPD Provsu, FKDM, FKUB dan Majelis Keagamaan. kegiatan ini berlangsung hangat dan penuh keakraban dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.