Kades Matang Masjid Peusangan Desak DPRK Dan Bupati Bireuen

Header Menu

Iklan Utama


Kades Matang Masjid Peusangan Desak DPRK Dan Bupati Bireuen

Hendra S
Kamis, 24 Maret 2022



Bireuen Aktual86
Kepala Desa Matang Mesjid di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, mendesak Ketua  DPRK Rusyidi Muhktar  dan Bupati Bireuen, DR.H.Muzakkar A.Gani SH.MSi untuk segera membangun saluran air di kawasan itu, dikarenakan sudah 4 tahun lebih mereka kesuitan mendapatkan air, padahal setiap tahun dalam rapat musrembangg persoalan ini selalu dibicarakan, namun hingga akhir maret tahun 2022, kebutuhan mereka tidak pernah dipenuhi, maka dari itu pada kesempatan Musyawarah Perencanaan Pembanguan (Musrembang) Kabupaten Bireuen Tahun 2022 yang berlangsung Kamis (24/3)2022,di Aula Hotel Fajar Bireuen, keluhan  mereka kembali disampaikan, agar kesulitan mendapatkan air yang selama ini membuat masyarakat resah bisa segera dirampungkan pekerjaanya.

Sulitnya mendapatkan air , bukan saja dialami Masayarakat Desa Matang Mesjid Peusangan malahan  mengancam  kekeringan  6 Desa sekitar  di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.

Berikutnya , keluhan yang disampaikan  Kepala Desa Cot Gapu di Kecamatan Kota Juang Bireuen, yang melaporkan tentang kondisi banjir  saat musim hujan tiba ,banjir sudah semangkin meluas mengancam terendam beberapa Desa di Kecamatan itu,maka Kepala Desa Cot Gapu  memohon  pihak DPRK dan Pemkab.Bireuen untuk segera membenahi beberapa kekurangan itu, dikarenakan,apabila persolaan terus di diabaikan "maka bersiaplah Kota Bireuen  yang kita cintai ini akan terancam terendam banjir untuk selama- lamanya ditambahkan lagi dengan drenase yang " Bobrok" padahal menurut Kepala Desa Cot Gapu Bireuen,masih banyak lahan yang bisa dibenahi " agar Bireuen tidak mengalami  kebanjiran misalkan Paya Kareung dapat difungsikan ,yang nantiya juga bisa menghasilkan PAD untuk daerah." tak lupa juga ucapan terima kasih  kepada Bapak Kejari Bireuen yang telah membuat  kolam pancing di Desa mereka" mudah - mudahan  saja  Desa tersebut, bisa menjadi Desa percontohan di Bireuen."jelas M.Nasir Abdullah".

Menyahuti berbagai keluhan Masyarakat, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembanguan (Musrembang) Kabupaten Bireuen,  Tahun 2022, Kadis PUPR  Bireuen Fadli Amir ST .MT  mengatakan untuk Desa Matang Masjid Peusangan selama ini , dirinya telah terjun langsung kelapangan, meskipun diakui pihak nya tidak memberitahu hal itu pada pihak kecamatan maupun Desa,akan tetapi dirinya sudah melihat langaung kondisi yang terjadi dilapangan, memang menurutnya  sedikit berat untuk membenahi persoalan masyarakat itu, meskipun demikian pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas PUPR tidak tinggal diam dan membiarkan kasus itu terjadi, apalagi sangat menganggu segala aktifitas  masyarakat , hanya saja " kata Fadli Amir pihaknya terus  mencari solusi.

Dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Bireuen Tahun 2023, Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, meminta semua pejabat tinggi pratama serta seluruh stakeholder untuk berpikir kreatif, memiliki visi ke depan, terintegratif dan inovatif. Perangkat daerah harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

Dengan demikian, kata Bupati  mudah - mudahan saja, penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2023 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu strategis yang ada serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Bireuen.


Selain itu ,Kepala Bapedda  Bireuen Muslim, menjelaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan untuk menyusun RKPK, sinkronisasi dan prioritas pembangunan yang memerlukan dukungan pendanaan, baik yang bersumber dari APBK, APBA maupun APBN yang berhasil menetapkan 3.087 usulan prioritas kegiatan, dari 609 desa di 17 kecamatan.

"Muslim mengharapkan pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholder untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan, guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya supaya perencanaan pembangunan yang bekualitas, transparan dan akuntabel menjadi tolok ukur akuntabiltas, profesionalisme dan bobot pelayanan publik dewasa ini. Sebab, perencanaan pembangunan yang tidak transparan dan akuntabilitas akan menimbulkan pencitraan yang negatif terhadap kualitas pelaporan aparatur pemerintah.
Peserta Musrenbang yang diundang dalam rangka penyusunan RKPK Bireuen Tahun 2023 ini berjumlah 200 orang dari seluruh unsur pelaku pembangunan.

Acara tersebut juga diisi dengan sesi diskusi atau tanya jawab dengan para peserta Musrenbang yang dimoderatori oleh Sekda Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si,Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani, Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, S.Sos, Kajari Bireuen Mohamad Farid Rumdana, SH., MH, Sekretaris Bappeda Aceh Ir. Alamsyah, MM dan Kepala Bappeda Bireuen Muslim, M.Si.
Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembanguan (Musrembang) Kabupaten Bireuen Tahun 2022 berlangsung sukses.(**)