Babinsa Laksanakan Pengecekan Bendungan Air Untuk Pengairan Sawah Petani Desa Binaan

Header Menu

Iklan Utama


Babinsa Laksanakan Pengecekan Bendungan Air Untuk Pengairan Sawah Petani Desa Binaan

Hendra S
Selasa, 18 Januari 2022


Bireuen Aktual86
Babinsa Koramil 04/Peudada Kodim 0111/Bireuen Serda Daday dan Serda Rival melaksanakan Pengecekan Waduk Paya Laot yang terletak di Desa Cot laot Kec Peudada Kab. Bireuen, selasa (18/01/2022).

Pengecekan tersebut dilakukan utk memastikan kekuatan bendungan penahan air dan Kesediaan air serta Kelancaran saluran Irigasi untuk Persawahan atau pembuangan bila terjadi meluapnya air.

Saat Pengecekan Serda Daday mengatakan bahwa,Waduk masih bisa digunakan dan dapat menampung air, Debit air yang ada saat ini terbilang Normal  serta saluran Irigasi terlihat lancar.

"Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kekuatan bendungan air dan mengantisipasi jika terjadi luapan air, serta mengecek saluran irigasi yang akan digunakan petani untuk mengairi sawahnya dan dipastikan cukup untuk digunakan petani kedepannya, " ucapnya.

Sedangkan untuk petani yang ada di wilayah Kec. Peudada sekarang sedang mengupayakan untuk memulai pengolahan lahan sawahnya yang akan ditanami padi nantinya.

Terlihat sebagian petani masih melaksanakan tabur benih dan sebagian persawahan sudah mulai menanam Padi, hal itu yang mendorong Babinsa untuk melaksanakan pengecekan terhadap bendungan dan saluran irigasi untuk kebutuhan air bagi para petani dalam mengairi sawah.(*)